Sabtu, 15 April 2023

JI'RONAH MIQAT PALING AFDHAL

 *JI'RONAH, MIQAT PALING AFDHAL?*



Ji’ronah adalah nama sebuah perkampungan Wadi Saraf (lembah Saraf) yang dikelilingi jajaran bukit-bukit berbatu yang tandus. Masjid Ji’ronah digunakan penduduk Makkah sebagai tempat miqat untuk umroh. Masjid ini terletak di bagian timur laut dari kota Makkah dan jauhnya 22-28 KM dari kota Makkah. Luasnya mencapai 1.600 M2 dan masjidnya bisa menampung hingga 1.000 jama’ah shalat dan area parkir yang cukup luas mampu menampung lebih dari ratusan bis dan kendaraan kecil lainnya.

*SEKILAS MASJID JI’RANAH*

Rasulullah saw pernah bermukim di sini selama 13 hari, kemudian bermiqat untuk melakukan umrah beliau yang ketiga kali di kampung ini. Tempat di mana Rasulullah S.A.W. berihram kemudian dibangun Masjid Ji’ranah.

Di samping kanan masjid terdapat sebuah sumur tua yang sekarang telah ditutup oleh kerajaan Arab Saudi. Dahulunya sumur tersebut menjadi praktek berbau "mitos", yang airnya dibawa pulang oleh jamaah haji sebagai obat dan dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Karena keistimewaannya, masjid ini telah dipugar berkali-kali dari zaman ke zaman sepanjang sejarah. Kemudian, pada pemerintahan Kerajaan Arab Saudi, dibangun masjid besar bersebelahan dengan masjid lama, yang dibuat menyatu. Untuk membangun masjid itu, Raja Arab Saudi, Raja Fahd menggelontorkan dana tak kurang dua juta riyal.

*LOKASI MIQAT PALING AFDHAL*

Menurut pendapat banyak ulama, Ji’ranah merupakan tempat miqat umrah yang paling afdhal bagi penduduk Makkah, karena Nabi saw pernah ambil miqat dari Ji'ranah saat beliau umrah yang ketiga (8 H). Setelah itu baru Tan'im.

وأفضل جهات الحل الجعرانة لأن النبي صلى الله عليه وسلم اعتمر منها ولبعدها ثم يليها في الفضل التنعيم

Berkunjung dan bermiqat di Masjid Ji’ranah merupakan bagian dari paket perjalanan umrah umumnya jamaah Indonesia.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar