Selasa, 09 Agustus 2011

IMAM SHALAT TARAWIH

IMAM SHALAT TARAWIH

Oleh: Achmad Zuhdi Dh

SHALAT TARAWIH

Shalat tarawih artinya shalat yang dilakukan dengan santai, dilaksanakan pada malam hari selama Ramadlan setelah Isya. Istilah ini baru populer setelah Nabi Saw wafat. Pada masa Nabi Saw masih hidup, shalat ini disebut dengan qiyam Ramadlan, artinya ibadah shalat malam yang dilakukan di bulan Ramadlan. Sepeninggal Nabi, para sahabat di Mekkah melaksanakan shalat dengan santai (tarwihan).[1]

Mengenai jumlah atau bilangan rakaat yang dilakukan oleh Nabi SAW dalam shalat tarawih (qiyam Ramadlan) adalah delapan rakaat ditambah dengan tiga witir.

Hadis dari Aisyah ra. menerangkan :

مَاكَانَ النَّبِىُّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَزِيْدُ فِى رَمَضَانَ وَلاَ فِى غَيْرِهِ عَلىَ إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً

Qiyamullayl yang dilakukan oleh Nabi Saw, baik pada bulan Ramadlan ataupun di luar Ramadlan, tidak lebih dari sebelas rakaat”.[2]

Yang dimaksud “sebelas rakaat” ialah delapan rakaat tarawih dan tiga rakaat witir. Hadis dari Jabir menjelaskan bahwa sesungguhnya Nabi Saw. melakukan shalat bersama mereka delapan rakaat, kemudian beliau shalat witir”[3]

Al-Syafi’i, dalam kitabnya Al-Umm mengatakan bahwa “untuk kegiatan qiyam Ramadlan (shalat tarawih) saya telah melihat orang-orang di Madinah mengamalkannya tiga puluh sembilan (39) rakaat, tetapi aku lebih suka mengamalkan dua puluh (20) rakaat karena sesuai dengan riwayat dari Umar ra. Demikian pula orang-orang di Makkah juga mengamalkan dua puluh (20) rakaat, dengan shalat witir tiga rakaat”.[4]

Sejumlah ulama yang berpandangan bahwa bilangan qiyam Ramadlan (shalat tarawih) itu sebanyak 20 rakaat, pada umumnya mengacu kepada riwayat yang mengatakan bahwa Umar bin al-Khattab ra pernah mengumpulkan orang-orang untuk bergabung dengan satu imam di bawah imam Ubay b. Ka’b ra.[5]

Menurut Muhammad Nasir al-Din al-Albani, tidak ada ijma’ (kesepakatan) untuk melakukan shalat tarawih (qiyam Ramadlan) sebanyak dua puluh (20) rakaat. Riwayat-riwayat yang menjelaskan tentang qiyam Ramadlan dua puluh rakaat itu sanadnya “ma’lul” (cacat). Dari sekian banyak riwayat, tidak ada yang memperkuat antara satu dengan yang lain. Dasar yang dipakai oleh Al-Albani untuk melemahkan riwayat tersebut antara lain dari nama Yazid bin Khushaifah, salah seorang perawi qiyam Ramadlan dengan dua puluh (20) rakaat dari Umar b. al-Khattab. Menurut sebagian ulama, Ibn Khushaifah ini tsiqqah, tetapi Imam Ahmad dalam satu riwayat mengatakan bahwa dia itu “munkir al-hadits”.[6]

Menurut al-Albani, ada hadits yang shahih dari Umar bin al-Khattab dengan sanad shahih, sesuai dengan sunnah Nabi Saw yang diriwayatkan oleh “Aisyah ra. Imam Malik meriwayatkan hadits[7] dalam al-Muwaththa dari Saib b. Yazid ra., berkata:

أَمَرَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ أُبَيَّ بْنَ كَعْبٍ وَتَمِيْمًا الدَّارِيْ أَنْ يَقُوْمَا لِلنَّاسِ بِإِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً قَالَ وَكَانَ الْقَارِئُ يَقْرَأُ بِالْمِئَيْنِ حَتَّي كُنَّا نَعْتَمِدُ عَلَى الْعَصَى مِنْ طُوْلِ الْقِيَامِ وَمَا كُنَّا نَنْصَرِفُ إِلاَّ بُزُوْغَ الْفَجْرِ

“Umar b. al-Khattab ra memerintahkan Ubay b. Ka’b dan Tamim al-Dari untuk melaksanakan qiyam Ramadlan bersama orang-orang dengan bilangan sebelas (11) rakaat. Ia berkata bahwa imam membaca al-Qur’an sebanyak dua ratus ayat, sehingga kami berpegangan dengan tongkat karena lamanya berdiri. Dan kami tidak berpaling sebelum datangnya subuh”.

Perdebatan di kalangan ulama tentang jumlah rakaat dalam qiyam Ramadlan memang telah terjadi. Jika ditilik dari amalan Nabi Saw ketika mengimami shalat jama’ah (tarawih) selama dua malam itu[8], memang tak ada satu pun keterangan yang secara jelas dan shahih mengenai bilangan rakaatnya. Dalam kitabnya Subul al-Salam, al-Shan’ani mengatakan bahwa berita-berita tentang jumlah rakaat yang dilakukan oleh Nabi pada saat mengimami di dua malam itu, semuanya dla’if, tidak sah. Yang benar bahwa berita tentang qiyam Ramadlan pada dua malam itu tanpa menyebutkan berapa bilangan rakaatnya.[9]

Berdasarkan beberapa hadis yang sahih (HR.al-Bukhari dan Muslim), HPT Muhammadiyah[10] menetapkan bahwa shalat malam itu jumlah rakaatnya sebelas rakaat, baik di dalam Ramadlan (shalat tarawih) atau di luar Ramadlan, dan dapat dilaksanakan dengan empat rakaat sekali salam[11] atau dengan dua rakaat sekali salam[12].

Secara istilah, shalat tarawih itu identik dengan qiyam Ramadlan, shalatul-layl, qiyamul-layl dan shalat tahajjud. Disebut shalat tarawih karena shalatnya dilakukan dengan santai dan banyak istirahat. Disebut dengan qiyam Ramadlan karena salat malam tersebut dilaksanakan pada bulan Ramadlan. Disebut shalatul-layl dan qiyamul-layl karena shalatnya dilaksanakan pada waktu malam, dan disebut tahajjud karena shalatnya dilaksanakan setelah tidur malam.

SHALAT WITIR

Shalat witr adalah shalat yang dilaksanakan pada malam hari setelah usai shalat isya’. Bilangan rakaatnya ganjil. Sekurang-kurangnya satu (1) rakaat dan sebanyak-banyaknya sebelas (11) rakaat.[13]

Rasulullah Saw bersabda:

صَلاَةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى فَإِذَا خَشِىَ أَحَدُكُمُ الصُّبْحَ فَلْيُوْتِرْ بِرَكْعَةٍ

“Shalat malam itu (bilangan rakaatnya) dua-dua. Apabila salah seorang di antara kamu khawatir masuk waktu shubuh, maka hendaklah ia melakukan shalat witr satu rakaat saja”.[14]

Bagi seseorang yang melakukan shalat witr sebanyak tiga rakaat, maka pada rakaat pertama disunnahkan membaca surat al-A’la setelah al-Fatihah. Kemudian pada rakaat yang kedua, setelah membaca surat al-Fatihah disunnahkan membaca surat al-Kafirun. Sedangkan pada rakaat ketiga disunnahkan membaca surat al-Ikhlas setelah membaca surat al-Fatihah. Hal ini sesuai dengan sunnah Nabi Saw. yang terdapat pada hadits riwayat Abu Dawud dari Ubay bin Ka’b, ia berkata:

كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُوْتِرُ بِسَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ اْلأَعْلَى وَقُلْ يَاأَيُّهَاالْكَافِرُوْنَ

وَقُلْ هُوَاللهُ أَحَدٌ

Artinya: Rasulullah Saw apabila melakukan shalat witr, biasa membaca Sabbihisma rabbika al-A’la (pada rakaat pertama), kemudian membaca Qul yaa ayyuha al-Kafirun (pada rakaat kedua) dan membaca Qul Huwallahu Ahad (pada rakaat ketiga). Al-Albani menilai hadis ini shahih.

Shalat witr itu dapat dilakukan pada awal malam setelah isya, boleh juga pada pertengahan malam dan boleh juga pada akhir malam. Batas akhirnya adalah waktu sahur menjelang subuh.[15] Waktu yang paling utama adalah akhir malam, sebagai penutup shalat malam. Nabi Saw bersabda:

إِجْعَلُوْا أَخِرَ صَلاَتِكُمْ بِاللَّيْلِ وِتْرًا

Artinya: “Jadikanlah akhir shalat malammu itu dengan shalat witr”.[16]

Nabi Saw biasa melaksanakan shalat witr sebanyak tiga rakaat dan dilakukan sesudah melaksanakan shalat malam (Qiyam al-Lail/ Qiyam Ramadlan/ Shalat Tarawih).

Setelah selesai melaksanakan shalat witir, disunnahkan membaca dzikr dan do’a sebagai berikut:

سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوْسِ سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوْسِ سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوْسِ

رَبِّ الْمَلَئِكَةِ وَالرُّوْحِ

اَللّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَتِكَ وَاَعُوْذُ بِمُعَافَاتِكَ

مِنْ عُقُوْبَتِكَ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْكَ لاَاُحْصِى ثَنَاءً عَلَيْكَ اَنْتَ كَمَا اَثْنَيْتَ عَلىَ نَفْسِك

Artinya:

“Maha suci Tuhan, Raja Yang Quddus. Maha suci Tuhan, Raja Yang Quddus. Maha suci Tuhan, Raja Yang Quddus, Tuhan dari segala Malaikat dan Ruh.

Wahai Tuhan, bahwasanya aku berlindung dengan keridhaanMu dari murkaMu, dan memohon perlindungan dengan kemaafanMu dari siksaMu. Dan aku berlindung denganMu dari Engkau. Tidak patut aku hinggakan pujian dan sanjunganMu atas diriMu sendiri.[17]

KRETERIA YANG HARUS DIMILIKI SEORANG IMAM SHALAT

1. Pandai/fasih membaca al-Qur’an;

أَقْرَؤُهُمْ لِكِتَابِ اللَّهِ, yang paling menguasai al-Qur’an, baik kefasihan, hafalan maupun pemahamannya;

2. Memahami sunnah Nabi, khususnya mengenai tata-cara salat;

فَأَعْلَمُهُمْ بِالسُّنَّةِ, yang paling menguasai sunnah Nabi Saw;

3. Pejuang/mujahid Islam;

فَأَقْدَمُهُمْ هِجْرَةً, yang lebih dulu mengikuti hijrah Nabi Saw, yang lebih dulu dan lebih besar perjuangannya dalam menegakkan Islam;

4. Dewasa/matang;

فَأَقْدَمُهُمْ سِلْمًا أوسِنًّا, yang lebih dulu masuk Islam atau yang lebih tua usianya.

Intinya, yang diangkat menjadi imam shalat haruslah orang-orang pilihan. Kreterianya adalah mengutamakan yang paling pandai dan fasih membaca al-Qur’an, kemudian yang paling menguasai sunnah Nabi Saw terutama terkait dengan tata-cara shalat Nabi Saw, selanjutnya yang lebih dulu mengikuti hijrah (pada masa Nabi Saw), untuk masa sekarang adalah yang paling banyak berjasa dalam memperjuangkan Islam, dan yang terakhir baru dipilih yang paling tua usianya.

Dalam hadis riwayat Muslim, Abu Dawud dari Abu Mas’ud al-Anshary ra, Nabi Saw bersabda:

يَؤُمُّ الْقَوْمَ أَقْرَؤُهُمْ لِكِتَابِ اللَّهِ فَإِنْ كَانُوا فِى الْقِرَاءَةِ سَوَاءً فَأَعْلَمُهُمْ بِالسُّنَّةِ فَإِنْ كَانُوا فِى السُّنَّةِ سَوَاءً فَأَقْدَمُهُمْ هِجْرَةً فَإِنْ كَانُوا فِى الْهِجْرَةِ سَوَاءً فَأَقْدَمُهُمْ سِلْمًا اَوْسِنًّا.

“Yang menjadi imam bagi suatu kaum ialah yang lebih pandai membaca al-Quran. Sekiranya mereka sama bacaannya, maka yang lebih ’alim dalam hadis, jika dalam hadis pun sama maka yang lebih dahulu berhijrah, dan jika dalam hijrah juga mereka masih sama maka yang lebih dulu masuk Islam atau lebih tua usianya di kalangan mereka”.

ADAB-ADAB YANG HARUS DIPERHATIKAN OLEH SEORANG IMAM SHALAT

1. Menyempurnakan thaharahnya;

2. Menata hati dengan ikhlas dan berakhlak mulia;

3. Mengenakan pakaian yang baik dan sopan;

4. Sebelum memulai takbiratul ihram, hendaknya menghadap kepada jamaah untuk mengatur shaf dan menyempurnakannya; Nabi Saw bersabda:

عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَتَخَلَّلُ الصَّفَّ مِنْ نَاحِيَةٍ إِلَى نَاحِيَةٍ يَمْسَحُ صُدُورَنَا وَمَنَاكِبَنَا وَيَقُولُ « لاَ تَخْتَلِفُوا فَتَخْتَلِفَ قُلُوبُكُمْ ». وَكَانَ يَقُولُ « إِنَّ اللَّهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الصَّفِّ الأَوَلِ (رواه ابو دازد والنسائى)

al-Barra bin ‘Azib berkata, Rasulullah Saw memasuki shaf dari sudut ke sudut, mengusap dada-dada dan pundak-pundak kami sambil bersabda: “janganlah kamu maju-mundur yang menyebabkan maju mundurnya hati-hatimu. Dan beliau juga bersabda: “sesungguhnya Allah dan para malaikatNya bershalawat atas orang-orang yang berada pada shaf pertama” (HR. Abu Dawud dan al-Nasa-i).

Al-Albani meninlai hadis ini shahih.

5. Mengeraskan suaranya ketika membaca takbiratul ihram, supaya para makmum mengetahui bahwa imam telah memulai shalatnya;

6. Berdiam agak sedikit lama setelah takbiratul ihram sebelum membaca al-Fatihah, supaya makmum juga sempat membaca doa iftitah, ta’awwudz dan basmalah;

7. Membaca doa iftitah, ta’awwudz dan basmalah dengan cara sirr (tidak terdengar orang lain);

8. Menjaharkan surat al-Fatihah, bacaan “amien” dan surat pada rakaat pertama dan kedua pada waktu shalat jahar (misalnya shalat maghrib, isya dan shubuh) dan membacanya secara sirr hal-hal tersebut pada rakaat ketiga atau keempat.

Bacaan suratnya pada rakaat yang pertama lebih panjang daripada rakaat yang kedua;

9. Melaksanakan shalat dengan hati-hati, tuma’ninah, dan khusyu’;

10. Memanjangkan shalatnya bila para jamaah siap-sedia, dan menyederhanakannya bila makmumnya hetorogin. Bahkan boleh mempercepatnya bilamana ada hajat, tetapi kecepatannya tidak sampai merusak bacaan yang semestinya;

11. Hendaklah pada rakaat yang kedua dan seterusnya, tidak mulai membaca al-Fatihah sebelum para makmum berdiri tegak;

12. Berusaha melaksanakan shalat se-sesuai mungkin dengan petunjuk dan perintah Rasulullah Saw:

صَلُّوا كَمَا رَأَيْتُمُونِي أُصَلِّي

“Shalatlah kalian seperti kalian melihat caraku melakukan shalat”

(HR.al-Bukhari dari Malik bin al-Huwairis)

Wallahu a’lam !



[1] Al-Shan’ani, Subulus Salam,Vol. II, 10.

[2] HR. Al-Bukhari.

[3] HR. Ibnu Hibban.

[4] Al-Mawardi, al-Hawi al-Kabir Fi Fiqh Madzhab al-Imam al-Syafi’i ra Wahuwa Syarh Mukhtashar al-Muzani, Vol.II (Bairut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, 1994), 291.

[5] Ibid.

[6] Muhammad Nashiruddin al-Al-Albani, Tamam al-Minnah Fi al-Ta’liq ‘Ala Fiqh al-Sunnah (Riyad: Dar al-Rayah, 1417H), 252-254.

[7] Al-Suyuti, Tanwir al-Hawalik Syarh ‘Ala Muwatta Malik, Vol.I (tt: Dar al-Fikr, tt). Baca juga Muhammad Ahmad Abd al-Salam. Al-Sunan wa al-Mubtada’at al-Muta’alliqat bi al-Adzkar wa al-Shalawat (Bairut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, 1980), 153.

[8] Sebagian riwayat mengatakan bahwa Nabi Saw pernah mengimami mereka selama tiga hari (malam), yaitu malam 23,25 dan 27. Kemudian pada malam ke-29 ia tidak keluar bersama mereka. Baca Ibrahim al-Bayjuri, Hashiyah al-Bayjuri ‘Ala Ibn Qasim ‘Ala Matn al-Syaikh Abi Syaja, Vol. I (tt: Dar al-Fikr, tt), 139.

[9] Ada pendapat yang barangkali cukup menyejukkan bagi semua golongan, yang ditulis oleh Sayyid Sabiq dalam bukunya Fiqh al-Sunnah yang mengutip ungkapan al-Zarqani bahwa menurut Ibn Hibban, pada mulanya shalat Tarawih itu hanya delapan (8) rakaat selain witr (sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi Saw). Mereka memanjangkan bacaannya sehingga mereka cukup keberatan. Kemudian mereka memperingan (menyederhanakan) bacaannya tetapi menambah bilangan rakaatnya menjadi dua puluh (20) rakaat selain witr. Setelah itu mereka memperingan lagi bacaannya tetapi menambah bilangan rakaatnya menjadi tiga puluh enam (36) rakaat selain witr. Lebih lanjut Sabiq mengatakan bahwa menurut sebagian ulama, bilangan rakaat untuk qiyam Ramadlan yang sunnah itu sebelas (11) rakaat lengkap dengan witrnya (sesuai dengan amalan Nabi Saw). Sedangkan selebihnya itu dipandang mustahab (disukai).

al-Shan’ani, Subul al-Salam, Vol.II, 10.

[10] PP Muhammadiyah, Himpunan Putusan Majelis Tarjih Muhammadiyah, hal. 340-343.

[11] HR. Al-Bukhari dan Muslim.

[12] HR.Al-Bukhari dan Muslim. Baca juga al-Shan’ani, Subulus Salam, Vol. II, 13.

[13] Al-Mawardi, al-Hawi al-Kabir, 291.

[14] Al-Bukhari, Shahih al-Bukhari, Vol. I (Bairut: Dar al-Fikr,tt),198-199.

[15] Hadits yang menerangkan tentang waktu shalat witr ini diriwayatkan oleh Imam Muslim dan banyak dimuat dalam berbagai kitab. Baca Sabiq, Fiqh al-Sunnah, Vol.I, 163. Ibn Qayyim al-Jauzi, Zad al-Ma’ad, Vol I, 86 dan al-Ghazali, Ihya ‘Ulum al-Din, Vol I (Bairut: Dar al-Ma’rifah,tt), 342.

[16] Muslim, Shahih Muslim, Vol.I 335. Al-Baghawi, Syarh al-Sunnah, Vol.II (Bairut: Dar al-Kutub al’Ilmiyah, 1992),490.

[17] Dzikr dan Doa ini diriwayatkan oleh empat orang ahli hadits yaitu Abu dawud, al-Turmudzi, al-Nasa-i dan Ibn Majah. Baca al-Nasa-i, Matn ‘Amal al-yaum Wa al-lailah (Bairut: Dar al-Fikr, 1986), 261. Ibn Qayyim, Zad al-Ma’ad, Vol I (TT: Dar al-Fikr, tt), 88. Sayyid Sabiq, Fiqh al-Sunnah, Vol I, 166.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar